10 Fakta Menarik Tentang Kayu Jati Belanda yang Wajib Anda Ketahui

9 min read

kayu jati belanda

Kayu Jati Belanda – Siapa yang tak kenal dengan kayu jati Belanda? Kayu jati ini ialah salah satu primadona di kelasnya dan sangat populer di kalangan pengrajin kayu diseluruh dunia.

Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahui fakta unik tentang kayu jati Belanda.

Bagi Anda yang sangat tertarik untuk memulai bisnis mebel, kerajinan tangan, atau sekadar ingin menambah pengetahuan, pastikan untuk terus menyimak sejumlah fakta menarik tentang kayu jati Belanda berikut ini:

Siapa yang tak kenal dengan Kayu Jati Belanda? Mungkin diantara kita juga bertanya- tanya apa saja perbedaan antara kayu jati Belanda dengan kayu jati non-Belanda, seperti kayu jati Jawa.

Bagaimana pula sejarah dari kayu jati Belanda yang menjadikannya salah satu primadona di kelas kayu yang ada? Kayu jati ini merupakan primadona di kelasnya dan sangat populer di kalangan pengrajin kayu.

Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahui fakta unik mengenai Kayu Jati Belanda. Yuk langsung kita simak 10 fakta menarik dari kayu jati Belanda, supaya kamu semakin kenal dan semakin sayang!

1. Bukan Berasal Dari Belanda

kayu jati belanda
dekoruma.com

Eits, jangan salah sangka bahwa kayu inikayu berasal dari negara belanda. Asal-usul nama dengan embel-embel negara Belanda ini tercipta karena sifat kayu jati tersebut merupakan kayu impor dari luar negeri.

Jadi karena asumsi dari orang-orang zaman dulu yang sering mengasosiasikan luar negeri dengan negara Belanda. Padahal tidak mutlak seluruh kayu jati Belanda itu merupakan hasil impor nagara Belanda saja, namun ada juga yang berasal dari negara Jerman dan negara Jepang.

2. Kayu Jati Belanda Bukan Kayu Jati Asli

kayu jati belanda
arafuru.com

Nah, bukan hanya istilah Belanda saja yang rancu pada kayu jati Belanda. Melainkan kayu jati Belanda juga bukan kayu jati asli, tetapi kayu kayu pinus atau pinewood

Seyogyanya, kayu ini sering digunakan sebagai kayu pelet atau kayu kemas untuk mengangkut benda-benda impor dari Eropa.

Karena kayu jati Belanda memang bukan kayu jati asli, maka harga kayu ini juga tidak sefantastis kayu jati aslinya yang bisa berkisar sampai 3 kali lebih tinggi dari pada kayu jati Belanda.

Hal ini berhubungan dengan bahan baku dari kayu inikayu  yang memang lebih murah harganya dibandingkan dengan harga jati asli.

3. Nama Kayu Jati Belanda

kayu jati belanda
pinterest.com

Kayu jati belanda bukanlah nama satu-satunya untuk jenis kayu yang satu ini. Selain disebut sebagai kayu palet atau eks palet.

Kayu ini juga disebut sebagai kayu jati Londo yang merupakan istilah dari Jawa untuk kata Belanda.

Selain istilah tersebut, kayu jati Belanda juga sering dirujuk sebagai kayu jati Madura.

Banyak orang-orang meyakini bahwa kayu jati Belanda juga disebut sebagai kayu jati Madura, karena melihat karakteristik yang khas dan harga jual yang terjangkau.

Sehingga kayu eks palet ini dicari oleh kebanyakan orang dan sering dikumpulkan kemudian di perjual belikan oleh pengempul beretnis Madura. Menarik bukan?

4. Spesies Kayu Jati Belanda

kayu jati belanda
builder.id

Sebagian besar kayu jati Belanda jenis ini banyak tumbuh di benua Asia dan Amerika termasuk di negara kita Indonesia dan khususnya di daerah Sumatra yaitu seperti kayu pinus jenis Tusam dan Merkusli.

Akan tetapi, kayu jati yang satu ini paling umum digunakan oleh kebanyakan orang seperti kayu jati jenis Pinus radiata (impor New Zealand) dan Pinus Merkusli.

Untuk sepesies kayu jati Belanda atau pinus ini, memiliki pohon yang pertumbuhan nya cukup pesat dan punya demand pasar yang lumayan tinggi.

Karena itu, pohon pinus ini juga khusus diternak atau dibudidayakan secara masal dengan kualitas budidaya yang lebih tinggi dan mengandung resin serta ramah lingkungan.

5. Karakteristik yang Khas

kayu jati belanda
crona.co.id

Jati Belanda cenderung mudah tumbuh, maka saat ditebang pun akan ada kayu baru yang tumbuh. Selain itu, jati Belanda juga tahan guncangan yang bisa meminimalkan dampak kerusakan.

Patah tumbuh hilang berganti, yang patah tumbuh yang hilang berganti.

Kayu jati Belanda bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin furniture rumah berpenampilan alami dengan harga terjangkau, selain itu Anda juga bisa memakai kerajinan dari bambu untuk aksesoris rumah dengan harga yang juga terjangkau.

Sama seperti kayu kaso yang cukup populer, selain itu kalian mungkin tidak asing lagi dengan kayu jati Belanda.

Bentuknya mudah ditandai dengan bobot yang lebih ringan, warna yang cerah seperti kuning muda atau krem kayu, memiliki serat kayu yang halus, dan bernuansa sangat alami.

Teksturnya juga tidak padat dan mudah dibentuk. Daya tarik kayu jati ini juga tampak pada alur urat dan mata kayunya yang khas.

Kayu jati yang semakin tua juga akan memiliki patina yaitu guratan alami dengan nuansa antik yang indah. Pas untuk elemen furniture antik, ya?

Mengapa Jati Belanda Banyak Dijadikan Sebagai Furniture?

kayu jati belanda
pinterest.com

Di berbagai pasar, furniture kayu jati Belanda sangat banyak sekali. Bentuknya pun beragam. Barangkali ada yang bertanya-tanya, apa yang membuat kayu jati Belanda begitu disukai?

Jati Belanda menawarkan berbagai macam keunggulan, di antaranya sebagai berikut:

  • Ringan

Jati Belanda memiliki bobot yang begitu ringan sehingga cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

Salah satu sifatnya ini membuat jati Belanda aman digunakan oleh anak-anak, selain kayu jati belanda anak-anak juga harus diajarkan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus untuk melatih kreativitas mereka.

Selain aman dan berat bobotnya yang ringan, sehingga membuat kayu ini mudah dalam proses pemindahan dari suatu tempat ke tempat yang lainnya.

  • Lunak

kayu jati belanda
pinterest.com

Jati Belanda tergolong dalam jenis kayu lunak. Sehingga sifatnya ini membuat jati Belanda mudah diolah dan dibentuk sesuai dengan selera.

Bahkan, seorang pemula pun tidak akan kesulitan dalam proses pembuatan kayu jati menjadi furniture, seperti pintu, kursi, meja, lemari, ataupun rak buku.

Lantaran lunak, jati Belanda mudah dipotong. Proses pengampelasannya pun tidak membutuhkan waktu lama.

Hasil kayu yang telah diampelas sangat baik, permukaannya rata dan halus. Sangat berkualitas tinggi. Alhasil, harga jual furniture jati Belanda pun tinggi.

  • Warna Menarik

Pada dasarnya, jati Belanda memiliki warna alami yang bagus dan mudah untuk dilapisi cat. Warnanya yang putih memudahkan Anda untuk mengganti warna sesuai selera.

Baik warna netral maupun warna solid, hasilnya akan tampak memuaskan. Sangat menyatu dengan warna dasar jati Belanda. Hal ini membuat serat kayu tertutup sempurna.

  • Mudah Ditemukan

kayu jati belanda
pinterest.com

Jati Belanda merupakan jenis kayu yang mudah ditemukan. mengingat, masa panen jati Belanda yang begitu cepat dibandingkan dengan kayu biasa lainnya.

Hanya dalam kurun waktu kurang lebih sepuluh tahun saja, kayu jati ini sudah bisa dipanen dan digunakan untuk membuat furniture dan aneka kerajinan tangan.

Di Negara Indonesia, kayu jati jenis ini dapat kita temukan di sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Sulawesi.

Akan tetapi kualitas yang dihasilakan di setiap daerah sangat berbeda, tapi tidak menghilangakan ciri khas dari jati Belanda, yakni ringan dan memiliki corak warna yang cantik.

  • Awet

Jika Anda bertanya, apakah benar kayu jati Belanda tahan lama? Jawabannya adalah iya benar.

Kayu jati ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap cuaca buruk maupun faktor lainnya yang menyebabkan kayu mudah lapuk.

6. Banyak Kegunaan & Manfaat

kayu jati belanda
google.com

 

Kayu jati ini memang banyak digunakan di dunia perkayuan. Terutama dalam pembuatan furnitur.

Banyak yang menyukai kayu Jati ini untuk dijadikan sebagai perabot rumah tangga atau furniture rumah, karena guratan alami dan finishing yang terkesan natural. Sehingga tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli kayu ini dan peralatan tukang kayu.

Kayu jati ini juga sering didapuk sebagai bahan dasar pembuatan rumah tangga seperti pintu rumah, aksesoris rumah tangga dan kerajinan tangan atau kerajinan tangan dari kayu.

Secara fisik kayu jati ini sangat berbeda dengan kayu jati jawa atau kayu jenis lainnya, karena kayu ini memiliki karakteristik yang lebih empuk dan lebih cerah warnanya

Dikarenakan sifat kayu ini tidak begitu keras maka pengolahan kayu ini menjadi relatif lebih mudah dan disenangi oleh para pengerajin kayu.

Namun demikian kayu ini masih sangat cocok untuk kebutuhan mebel, furniture, dan kerajinan kayu. hal ini terbukti dengan tingkat permintaan konsumen yang dari waktu ke waktu ternyata semakin meningkat.

Termasuk ala kreasi alami dari kayu palet ini. Perabot berbahan kayu jati Belanda juga mudah dan sangat efisien untuk dipindah-pindah karena bobotnya ringan.

Begitu pula warnanya yang kalem sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai tema dalam rumah. Sehingga tak heran bila kayu jati ini menjadi primadona bagi banyak desainer interior karena sifanya yang mudah dibentuk dan dibuat.

Sifat dasarnya yang kering dan anti rayap. Sehingga menyebabkan kayu jati ini sering dipilih banyak orang sebagai bahan pengemas untuk mengirim barang antar pulau dan negara.

Sehingga kamu tidak perlu repot mencari cara membasmi rayap. Namun perlu diingat karena teksturnya yang lembut dan tidak padat, sehingga menjadikan kayu jati ini tidak cocok bila digunakan untuk menampung air.

7. Daya Tahan Baik

kayu jati belanda
google.com

Jangan heran kalau kayu jati ini tampak terlihat kering dan ringan, tapi ternyata memiliki daya tahan yang cukup handal.

Walaupun kayu ini tidak sekuat seperti halnya kayu jati asli, namun setidaknya kayu jati ini cukup kuat dan kokoh sebagai perabot rumah tangga dengan karakteristik anti-shock, yaitu resisten terhadap benturan dan kerusakan minim yang diakibatkan karena kontak keras.

Relatif tahan terhadap hama kayu seperti rayap, karena getah kayu pinus tidak disukai oleh serangga.

Kemudian dilihat dari serat kayu, keistimewaan yang dimiliki kayu jati belanda adalah serat nya yang bagus sekali.

Sehingga seratnya menonjol atau kelihatan dengan jelas, jadi sangat cocok sekali jika dibuat mebel. Karena khasnya yang sangat alami membuat finishing akhir begitu menajubkan.

8. Pro dan Kontra dari Kayu Pinus

Kayu Jati Belanda - kayu jati belanda,kayu jati,kursi jati,kursi kayu jati,kayu pinus, pinus,

  • Kelebihan

Furnitur berbahan kayu pinus ini juga dilengkapi beberapa serangkaian pro dan kontra, tergantung kebutuhan kita saja. Berikut kelebihan dari furnitur berbahan kayu pinus ini:

Furnitur kayu pinus seringkali harganya jauh lebih murah dari pada kayu pada umumnya. Karena pertumbuhan yang cepat pada pohon pinus ini menjadikan alasan utama perbedaan harga kayu jati belanda dengan harga kayu lainnya.

1. Harga

Furnitur kayu pinus seringkali harganya jauh lebih murah dari pada kayu pada umumnya. Karena pertumbuhan yang cepat pada pohon pinus ini menjadikan alasan utama perbedaan harga kayu jati belanda dengan harga kayu lainnya.

Pohon pinus tidak terlalu peduli dengan cuaca, musim, tempat dan memiliki waktu yang lebih singkat untuk dipasarkan. Tentu memungkinkan bagi para petani memberi harga kayu pinus dengan harga yang lebih murah.

Akan tetapi ika Anda memfokuskan terutama pada harga, kayu pinus adalah opsi yang tepat dan menarik.

2. Warna

Karena warnanya begitu terang, furnitur dari kayu pinus ini sangat cocok untuk perabot di rumah Anda dan juga bisa untuk kerajinan lainnya.

Furnitur dari bahan kayu pinus ini memiliki tampilan yang serbaguna sehingga sangat cocok untuk berbagai warna dinding, pola, dan detail lainnya dalam dekorasi rumah Anda.

3. Pilihan untuk mengubah warna

Pinus adalah jenis kayu yang mudah diwarnai. Hal ini membuka kemungkinan bagi Anda untuk bebas berkreasi. Anda juga dapat tetap menggunakan warna alami dari kayu ini dengan memilih finishing yang jelas.

Kayu pinus beraksi positif dengan berbagai tipe finish, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan berkualitas, apa pun pilihan finish yang Anda pilih.

4. Kekakuan

Pinus merupakan kayu yang sangat kaku. Hal Ini membuatnya tahan lama dan sangat kuat saat digunakan dalam furnitur. Walaupun demikian tidak sekuat kayu jati asli, tetapi memiliki daya tahan yang tinggi.

5. Lebih ringan

Meskipun furnitur yang terbuat dari pinus masih cukup berat dan kokoh, namun lebih ringan dari kebanyakan kayu pada umumnya. Berat bobot yang lebih ringan itu sangat membantu dalam memindahkan furnitur.

Mengatur ulang furnitur dengan bahan dari kayu pinus lebih mudah karena hanya memiliki bobot yang lebih ringan.

Jadi pertimbangkan untuk menggunakan furnitur berbahan kayu pinus, jika Anda cenderung suka mengubah tampilan ruangan Anda.

6. Tahan goncangan 

Kayu pinus ini tahan terhadap berbagai goncangan, yang mana sangat membantu meminimalkan dampak kerusakan.

7. Tampilan khas

Kayu pinus memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan sambungan gelap dan warna kayu terang. Jika gaya ini sesuai dengan preferensi Anda, penampilan yang berbeda itu patut menjadi pertimbangan.

8. Lebih sedikit dampak bagi lingkungan

 Karena pohon pinus pertumbuhannya sangat cepat, maka pohon-pohon yang telah ditebang segera diganti dengan pertumbuhan baru.

Pohon pinus tumbuh dengan baik di perkebunan atau pertanian yan mana tidak berdampak signifikan terhadap habitat alami sekitarnya, sedangkan kayu lainnya yang digunakan dalam furnitur biasanya berasal dari hutan-hutan yang telah berumur tua.

9. Tahan terhadap pembengkakan dan penyusutan

Walaupun berbagai jenis kayu apa pun dapat membengkak dan menyusut karena perbedaan kelembaban dan suhu, tetapi kayu pinus ini tahan terhadap kerusakan semacam itu. Dengan meminimalkan pembengkakan dan penyusutan, justru kayu pinus ini mempertahankan bentuk aslinya.

  • kekurangan

Ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan furnitur pinus. Beberapa dari potensi negatif tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Fleksibilitas gaya sangat rendah

Walaupun kayu pinus ini memiliki corak dengan berbagai macam gaya yang khas, namun ia cenderung lebih condong ke arah tampilan pedesaan yang natural.

Akan tetapi jika Anda lebih suka dengan gaya yang lebih modern, Anda mungkin hanya bisa menemukan furniture yang terbuat selain dari kayu pinus.

2. Jangka pendek

Kayu pinus memang memiliki ciri khas yang kaku, tetapi kayu ini tidak menawarkan kekuatan dan ketahanan yang sama dengan kayu ex sehingga tidak bisa disimpan sampai jangka waktu panjang.

Namun pinus ini dapat melekuk dan tergores dengan sangat mudah. Jika Anda berencana ingin menyimpannya dalam waktu yang begitu lama, kayu ex mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

3. Lebih banyak perawatan

Karena kecenderungan-nya yang mudah tergores, rusak dan mendapatkan patina. maka kayu pinus ini membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kayu pohon ek.

Jika Anda tidak keberatan dengan tampilan yang menua, Anda tetap bisa menggunakan sedikit sentuhan perawatan.

Namun, jika Anda ingin mempertahankan tampilan asli dari furnitur pinus, Anda mungkin perlu memoles ulang dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kayu tersebut.

4. Potensi lubang berlebihan 

Ketika memilih furniture kayu pinus, pastikan selalu perhatikan sambungan- sambungannya, terutama jika membentuk lubang pada furnitur.

Sambungan yang berlebihan dapat menyebabkan kelemahan pada furnitur tersebut.  Kemudian yang terpenting pilih produsen terkemuka untuk memastikan Anda membeli furnitur yang berkualitas.

9. Mudah Beradaptasi Saat Finishing

kayu mindi dan mahoni

Ciri khas lain nya yang dimiliki oleh kayu ini ialah pada saat finishing, jadi kayu ini sangat mudah beradaptasi menyesuaikan dengan model finishingnya.

Namun yang perlu diperhatikan yakni pada saat proses finishing untuk pengamplasannya sebaiknya menggunakan amplas yang kasar.

Selain itu, pastikan juga gunakan fillet yang berkualitas agar lebih mudah untuk mengisi pori-pori yang besar yang terdapat pada kayu dan juga jangan lupa gunakan juga cat yang berkualitas agar hasilnya lebih sempurna.

10. Tips Memilih Supplier Kayu Jati Belanda

pabrik kayu jati belanda
google.com

Setelah mengetahui fakta dan keunggulan kayu jati Belanda, kini Anda akan mempelajari cara bagaimana memilih supplier jati Belanda yang baik.

Di pasaran memang banyak sekali supplier kayu jati ini yang menawarkan harga murah. Namun, perlu diingat tidak semua supplier menawarkan kualitas kayu jati yang baik.

Untuk memudahkan Anda menemukan supplier kayu jati Belanda terbaik dan terpercaya, simak sejumlah tips berikut ini.

  • Jangan Hanya Terfokus Pada Satu Supplier

Jika Anda merupakan reseller pemula, maka sebaiknya hindari hanya terfokus pada satu supplier saja. Karena semakin banyak tempat yang Anda ketahui, justru itu semakin baik.

Dengan demikian cara ini dapat membantu Anda menemukan kekurangan dan kelebihan masing-masing dari supplier.

Pastikan juga untuk mencatat semua supplier yang Anda temukan lengkap dengan alamat dan kontak yang dapat dihubungi.

  • Lakukan Perbandingan

Setelah seluruh daftar supplier terkumpul, jangan lupa lakukan perbandingan harga, jenis kayu jati, kualitas kayu jati, pelayanan, dan fasilitas.

Meskipun cukup merepotkan,cara ini terbukti efektif untuk memudahkan Anda menemukan supplier terbaik.

  • Cari Informasi Rekam Jejak

Jika Anda sudah menentukan pilihan, maka pastikan untuk mencari rekam jejak supplier jati Belanda tersebut. Apakah supplier yang Anda pilih dapat dipercaya dan menawarkan harga sesuai kualitas?

Agar lebih yakin, Anda dapat bertanya pada warga sekitar yang pernah bekerja sama dengan supplier tersebut atau mencari ulasan pembeli yang terpampang pada website.

  • Cek Harga Pasar

Sebelum memutuskan untuk membeli kayu jati Belanda atau bekerja sama dengan supplier, Anda wajib melakukan pengecekan harga pasar, baik secara online maupun offline.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan harga terbaik. Jika Anda membeli dalam jumlah besar, maka jangan ragu untuk meminta diskon atau potongan harga.

Biasanya, supplier akan dengan senang hati memberikan diskon dan bonus bagi pelanggan prioritas.

Demikianlah informasi mengenai kayu jati Belanda yang perlu untuk Anda ketahui.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai karakteristik dari kayu jati belanda secara lengkap.

Diantaranya yaitu kayu jati Belanda yang tumbuh dengan cepat, termasuk bahan material yang solid dan ringan, permukaan kayu sangat halus, mempunyai bentuk pola serat, corak dan pori yang menawan, rentan terhadap suhu panas, air, dan hama.

Selain itu, untuk pengolahan kayu ini bisa terbilang sangat mudah saat proses finishing namun juga butuh teknik khusus dalam pengeringan dan memiliki harga yang terjangkau murah.

Akan tetapi melihat dari beberapa karakteristik yang dimiliki kayu, kayu jati ini sangat cocok untuk dijadikan bahan furniture rumah tangga dan berbagai jenis kerajinan kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *