Jenis dan ukuran container 20 dan 40 feet

6 min read

ukuran rumah container

Anda pasti sering mendengar istilah peti kemas (container), apalagi jika untuk pengemasan barang. Peti kemas atau juga dikenal dengan sebutan container sendiri merupakan sebuah kemasan yang dibuat dengan rancangan khusus dan dengan ukuran tertentu pula sehingga nanti dapat digunakan tidak hanya sekali pakai.

Container ini secara umum digunakan untuk menyimpan serta mengangkut muatan besar dan berat sekaligus. Peti kemas ini dibuat dengan memenuhi persyaratan dari ISO, termasuk ukuran container 20 feet maupun 40 feet.

Pengiriman muatan FCL / full container bisa menggunakan jenis container 20 feet maupun 40 feet. Kirim barang secara FCL memiliki berbagai keuntungan, diantaranya ialah ongkos kirim yang relatif murah dan tidak bercampur dengan barang lain.

Jenis-Jenis Container

jenis dan ukuran container
jenis dan ukuran container

Jenis container yang biasa digunakan adalah container 20 feet, container 40 feet, maupun container high cube, namun tidak menutup kemungkinan penggunaan container jenis lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setiap container memiliki dimensi yang berbeda-beda baik dalam hal kapasitas volume maupun berat maksimumnya. Penggunaan container dapat disesuaikan dengan jenis muatan yang akan dikirim.

Untuk ukuran container 20 feet dengan berat kosong, berat kotor atau muatan bersih sebelum menggunakannya.

Container atau dalam bahasa Indonesia disebut peti kemas merupakan peti yang berukuran besar yang berfungsi untuk membawa barang muatan yang akan dikirimkan agar tidak rusak (KBBI). Kita biasa menjumpai container-container tersebut di sebuah pelabuhan tempat untuk mengirim atau menerima barang muatan.

Tidak jarang juga mobil-mobil truk pembawa container ini kita jumpai di jalan raya. Container ini juga bisa dipakai berulang kali dan juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan muatan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Ada nilai filosofi yang dapat kita ambil di balik kegunaan dan arti dari sebuah container ini. Ialah “Box besar” yang berbentuk persegi panjang ini diciptakan untuk membawa atau mangangkut barang muatan dalam jumlah banyak.

Tidak hanya itu, container ini juga dapat dibawa oleh truk-truk besar sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

Container ini juga bisa dibawa oleh kapal laut, kereta api ,dan juga pesawat terbang. Oleh karenanya janganlah kawatir bahwa barang bawaan yang berada di dalam container tersebut insyaAllah akan terjamin keamanannya.

Tipe-Tipe  Container Berdasarkan Ukuran Panjang

  • Container 20 FT

Untuk container dengan panjang seperti ini maka muatan yang bisa tampung itu kurang lebih sekitar 33 CBM atau setara dengan 20 ton.

  •  Container 40 FT

Ukuran container 40 FT ini bisa termasuk ke dalam kategori contener berukuran sedang. Kapasitas daya angkut dalam container ini sekitar 60 CBM atau sekitar 27 ton.

  • Container 45 FT

Nah, kalau yang satu ini merupakan container yang berukuran paling besar. Total muatan yang dapat diangkut didalamnya sekitar 86 CBM atau setara dengan 30 ton

Nah, setelah selesai mengenal tipe container berdasarkan ukuran, kini saatnya kita mengenal jenis container berdasarkan muatannya.

1. Dry Container Standard. Ini merupakan jenis container yang biasa kita jumpai di jalan raya. Container ini juga mempunyai panggilan “container standar” karena sering digunakan sebagai pengangkut semua jenis muatan umum.

2. Open Top Container. Jenis container yang satu ini juga bisa dibilang sebagai container  standar. Namun, container yang satu ini hanya dapat mengangkut muatan kering dengan kriteria kargo tinggi, kargo berat, dan proses loading kargo yang tidak bisa dilakukan secara normal atau loading dari atas.

3. Flatrack Container. jenis container yang satu ini mempunyai bagian samping yang dapat dibuka. Nah container jenis ini umumnya digunakan sebagai pengangkut alat berat atau kargo berat.

4. Refrigerated Container. container pendingin udara, itulah kata-kata yang bisa menggambarkan container jenis ini. Fungsinya adalah sebagai pengangkut muatan yang membutuhkan suhu tertentu.

Nantinya barang yang akan dibawa dibagi menjadi barang dingin dan barang beku, dan masing-masing baeang disesuaikan dengan suhu yang dibutuhkan. Muatan yang dibawa biasanya hanyalah buah-buahan, sayur-sayuran, daging, dan lain sebagainya.

5. Tank Container. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa bentuknya menyerupai tangki. Container jenis ini digunakan sebagai pembawa barang cair seperti jus buah, mintak, bahan kimia, dan lain sebagainya.

6. Hanger Container. Ada yang baru dengar? Ya, container jenis ini dilengkapi dengan gantungan baju di dalamnya dan digunakan sebagai pembawa pakaian dengan cara digantung.

7. Fantainer Container. Container berventilasi ini umumnya digunakan sebagai container pengangkut muatan yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Seperti contohnya kopi dan lain sebagainya.

Ukuran Container Dalam Meter

Ukuran Container Dalam Meter

Ukuran container yang besar memang sudah dirancang khusus untuk membawa muatan dengan kapasitas muatan yang banyak dan besar.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat pengangkut dan penyimpanan barang saja, namun container juga banyak dimanfaatkan sebagai keperluan bisnis kreatif yang unik dan kekinian.

Untuk mengetahui berapa ukuran dan apa saja macam-macam produk dari container beserta keunggulannya, maka mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Seperti biasanya, pada ukuran standar container hanya tersedia dalam 3 pilihan yaitu ukuran container 20 feet, ukuran container 40 feet, dan 45 feet.

Kita mungkin masih cukup asing dengan istilah satuan feet, karena di Indonesia sendiri satuan ukur yang sering digunakan hanyalah meter (m) atau sentimeter (cm), bukan?

Lalu, ukuran container 20 feet berapa meter?

Untuk lebih jelasnya terkait ukuran container dalam satuan meter, mari kita simak penjelasan spesifikasi container dibawah ini.

TipeUkuran Dimensi LuarUkuran Dimensi DalamBerat Maksimum (ton)
PanjangLebarTinggiPanjangLebarTinggi
20 Feet6,0582,4382,5915,9192,3402,38022,1
40 Feet12,1922,4382,59112,0452,3092,37927,4
45 Feet12,1922,4382,92612,0562,3472,68429,6

Perbandingan container 20 feet dan 40 feet

Kategori container dengan tipe 20 feet memiliki maksimum yakni 33 meter kubik (m3), dengan berat maksimum 22 ton. Sedangkan kategori container tipe 40 feet maksimum 67 meter kubik (m3), dengan berat maksimum 27 ton.

Untuk kategori container 40 feet high cube maksimum 76 meter kubik (m3), dengan berat maksimum 29 ton. Jenis dan keterangan yang lebih lengkap dapat Anda lihat pada gambar di bawah.

Berikut ini merupakan perbandingan antara container 20ft dan 40ft, dan beberapa jenis container lainnya:

Jenis Container 20ft dan 40ft Bangkit Jaya Manunggal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam proses pembuatan container atau peti kemas ini sudah memenuhi persyaratan teknis berdasarkan Organization of Standarasization (ISO). Begitu pula untuk ukuran yang digunakan.

Jika kita lihat secara umum, maka ukuran container dibagi menjadi 3 macam, yaitu 20 feet, 40 feet dan kontainer refeer. Ukuran feet memang kurang begitu familiar apabila digunakan di Indonesia, sehingga sebagian besar masyarakat banyak yang belum paham dan mengetahui apa itu ukuran feet.

Diantara beberapa ukuran container yang telah disebutkan sebelumnya, maka ukuran container 20 feet merupakan ukuran yang cukup sering digunakan. Nah, bagi Anda yang belum memahami ukuran container dalam istilah feet, berikut ini merupakan penjelasan ukuran container, khususnya 20 feet.

1. Ukuran Dimensi Luar

Dalam proses pembuatan container pasti harus memenuhi persyaratan teknis yang telah ditentukan oleh ISO, termasuk ukuran dimensi luarnya. Untuk kategori container yang berukuran 20 feet, dimensi luarnya memiliki panjang kurang lebih dari 6 meter dengan lebar 2,4 meter dan tinggi 2,6 meter.

2. Dimensi Ukuran Container 20 Feet

Selain dimensi pada bagian luar, ukuran dimensi pada bagian dalam pun juga telah ditentukan berdasarkan ISO. Maka container yang berukuran 20 feet mempunyai dimensi pada bagian dalam dengan panjang kurang lebih 5,8 meter, lebar 2,3 meter dan tinggi 2,3 meter.

Ukuran ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan dimensi pada bagian luarnya. Dari ukuran dimensi dalam pada container ukuran 20 feet ini mempunyai volume 33,1 m³.

3. Ukuran Pintu Container 20 Feet

Tidak hanya dimensi yang ada pada bagian luar dan dalam nya saja yang memiliki ukuran tertentu. Namun ukuran container 20 feet ini juga sudah diatur hingga ukuran pintunya. Pada pintu container 20 feet memiliki lebar 2,3 meter dan tinggi 2,2 meter. Ukuran pintu ini juga sudah ada standardnya karena merupakan bagian penting dari container itu sendiri.

4. Berat Kotor, Berat Kosong, dan Muatan Bersih Container 20 Feet

Ukuran container 20 feet yang harus kita ketahui berikutnya adalah ukuran beratnya. Mulai dari berat kosong container tanpa muatan, muatan bersih yang dapat ditampung di dalamnya, hingga ukuran berat kotornya pun juga harus diperhitungkan.

Container yang berukuran 20 feet mempunyai berat kosong apabila tanpa adanya muatan sekitar 2.400kg, serta berat kotor 30.480 kg. Dengan demikian muatan bersih yang bisa ditampung di dalam container tersebut adalah 28.080 kg.

Kesimpulan Ukuran Container

Maka dapat disimpulkan bahwa container yang berukuran 20 feet ini sanggup untuk menampung hingga 28 ton muatan di dalamnya.

Container merupakan kemasan yang dibuat dengan rancangan khusus berdasarkan standar ISO yang dipergunakan untuk melakukan pengiriman melalui jalur laut.

Dengan mengetahui ukuran container, misalnya ukuran container 20 feet, Maka kita akan mengetahui berapa maksimum muatan yang dapat dimasukkan di dalamnya.

Sehingga nantinya kita tahu bahwa container mana yang cukup untuk membawa barang muatan kita dan kita juga mengetahui berapa uang yang akan kita keluarkan serta meminimalisir terjadinya muatan yang berlebihan ketika hendak dimasukkan ke dalam container tersebut.

Macam-Macam Produk Container Berbagai Ukuran

Selain sebagai alat pengangkut barang, belakangan ini container baru ataupun bekas juga banyak yang dimanfaatkan dan dialihfungsikan untuk berbagai kepentingan, baik pribadi, bisnis ataupun usaha, maupun kepentingan komersial lainnya.

untuk mendapatkan produk-produk container dengan kualitas terbaik, Anda bisa memesannya di pabrikcontainer.com berikut ini merupakan beberapa contoh produk container yang bisa Anda pesan:

1. Hotel Container

hotel container
hotel container

Hotel dari container ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis hotel unik dan antimainstream.

Harga yang dipatok untuk hotel container juga variatif tergantung fasilitas dan kondisinya.

2. Rumah Container

ukuran rumah container
ukuran rumah container

Rumah dari container juga mulai banyak dilirik oleh masyarakat.

Anda bisa menciptakan rumah impian Anda dengan konsep minimalis dan industrialis yang unik dan menarik.

Karena tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan, kebutuhan, dan budget yang Anda dimiliki.

3. Cafe Container

ukuran cafe container
desain-cafe-kontainer

Di era yang serba modern seperti saat ini, cafe menjadi salah satu tempat nongkrong pilihan para kaum milenial.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha cafe container ini untuk meraup keuntungan yang menjanjikan, Anda bisa merombak container menjadi cafe kekinian yang nyaman dan instagramable.

4. Kantor Container

kantor container
kantor container

Untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan, kantor container bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tampilan kantor dari container yang menarik dipercaya dapat meningkatkan semangat dan produktivitas para pekerja.

5. Booth Container

booth container
booth container

Bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis makanan atau minuman, booth dari container ini bisa menjadi solusi terbaik anda.

Selain harganya yang relatif terjangkau bila kita bandingkan dengan tempat usaha di bangunan konvensional, booth container juga jauh lebih praktis dan mudah untuk kita pindahkan.

Mengapa Harus Memilih Produk dari container?

Setelah kita mengetahui beerbagai contoh produk dari container, kita juga perlu tahu beberapa keunggulan dari container ini.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari produk container yang bisa kita jadikan pertimbangan:

1. Praktis

Produk yang terbuat dari container sangatlah praktis untuk digunakan di berbagai keperluan, terutama di bidang bisnis ataupun usaha.

Produk container seperti booth atau food truck ini dinilai lebih praktis dan mudah untuk dipindahkan, sehingga bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita.

2. Harga Lebih Terjangkau

Apabila kita bandingkan dengan sebuah bangunan konvensional, harga produk dari container ini lebih ramah di kantong.

Kita pun juga bisa menggunakan container bekas untuk menekan biaya pengeluaran dan mengecat ulang agar terlihat baru dan lebih menarik.

3. Mengurangi Sampah

Pemanfaatan container bekas bisa kita jadikan untuk rumah, booth, gudang, dan lain sebagainya sehingga hal ini dapat mengurangi sampah besi.

Daripada harus tertumpuk di tempat pembuangan sampah saja, container bekas yang sudah kita modifikasi tentunya jauh lebih berguna dan mendukung gerakan go green.

4. Unik dan Menarik

Dengan berbagai sentuhan kreativitas dan interior yang terkonsep dengan rapi dan baik, maka tampilan dari produk container ini akan terkesan lebih menarik dan unik jika dibandingkan dengan gedung atau bangunan pada umumnya.

Kita juga bisa mengusung konsep minimalis atau industrialis untuk diterapkan pada interior dalam container.

Setelah mengetahui ukuran container dalam meter dan keunggulannya, apakah Anda tertarik menggunakan produk dari container untuk keperluan bisnis kreatif?

√ 10+ Peraturan Sepak Takraw Lengkap Gambar Beserta Penjelasannya

Peraturan Sepak Takraw – Sebenarnya sepak takraw ini sudah diperkenalkan sejak tahun 90an. Namun keberadaannya kurang menarik minat para olahragawan. Permainan ini mengandalkan kepala...
mursyid robbani
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *